Pengungsi UCUP from BANDUNG – Bag. 4

Di awal tahun 1980, sebelum Mang Ucup kembali ke Indonesia; Mang Ucup mengubah namanya menjadi JUSUF RANDY. Motivasi intelektual di balik perubahan nama itu adalah karena ingin mendapatkan singkatan nama JR.

Singkatan nama JR ini sengaja dipilih oleh Mang Ucup karena ingin sukses dan berhasil seperti konglomerat JR Ewing dalam film sinetron serial Dallas. JR Ewing sama seperti Mang Ucup punya dua istri dan tiga anak. Wajarlah penyakit OKB (Orang Kaya Baru) yang ingin Nebeng Beken entah pakai jubah ato nama orang lain githu!

Tetapi di usianya sekarang ini, Mang Ucup baru sadar bahwa ternyata siapapun nama yang ia pilih, yang paling menentukan sukses tidaknya kehidupannya adalah Tuhan dan dirinya sendiri.

Nama Mang Ucup yang digunakan sekarang ini pun di serap dari nama Jusuf = UCUP dalam bahasa Sunda dan MANG = Paman.

Benar apa yang ditulis oleh Shakespeare. Apalah artinya sebuah nama! “What‘s in a name. That which we call a rose by another name would smell just as sweet.” Yang terpenting dalam kehidupan seseorang adalah bagaimana ia bisa bermanfaat bagi sesamanya karena itulah hakekatnya tugas seseorang dilahirkan di muka bumi ini.

Ketika itu Mang Ucup merasa terpanggil untuk mengabdikan dirinya pada bagi Nusa dan Bangsa. Ia merasa tidak FAIR karena ia telah banyak menimba ilmu di Eropa tetapi belum bisa memberdayakan ilmunya pada Nusa dan Bangsa. Apalagi di awal tahun 1980 lebih dari 95% penduduk Indonesia belum melek komputer.

Dilatar belakangi kondisi inilah kemudian Mang Ucup mengambil keputusan untuk pulang kembali ke Indonesia. Misi utamanya hanya satu, yakni agar Mang Ucup bisa mengabdikan diri bagi rakyat Indonesia dan membuat bangsa ini menjadi semakin maju, setaraf dengan bangsa-bangsa maju lain di dunia.

Setibanya di Tanah Air, Langkah pertama yang dilakukan oleh Mang Ucup adalah memperkuat tekadnya untuk mendirikan lembaga pendidikan komputer yang THE BEST di Indonesia. Bukan hanya di Jakarta saja tetapi di seluruh Indonesia, begitu tekadnya saat itu. Kemudian ia mulai merealisasikan misinya ini pada tahun 1983 dengan mendirikan Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Amerika (LPKIA).

LPKIA adalah lembaga pendidikan komputer pertama di Indonesia yang dirintis oleh Mang Ucup. Bila ia mempunyai tekad atau gagasan, gagasan apapun itu, ia selalu berusaha memberikan hasil yang terbaik agar kelak bisa meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Oleh sebab itu pula motto LPKIA adalah – WE ARE NOT THE FIRST, BUT THE BEST !

Ternyata hasilnya lebih dari yang diharapkan Mang Ucup. Hanya dalam waktu setahun saja. LPKIA berhasil membuka cabang di berbagai kota di Indonesia seperti di Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Lampung, Palembang, Medan, Banjarmasin, Makasar, dan Manado. Tentu saja kampus-kampus LPKIA memiliki ribuan unit komputer. Sehingga banyak kalangan menjuluki Mang Ucup sebagai RAJA KOMPUTER.

LPKIA bukan saja menjadi salah satu lembaga komputer paling bergengsi di Tanah Air tetapi juga banyak memberikan pengabdian kepada negara, misalnya membantu kesuksesan dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON). Prestasi lain yang diraih LPKIA adalah membuat software Qur’an pertama dalam bahasa Indonesia bersama dengan Haji Mas Agung.

Selain itu, LPKIA juga memberikan pendidikan komputer kepada Para Tunanetra. LPKIA juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan para guru sekolah SMU.

Beberapa alumni LPKIA telah menjadi orang-orang sukses. Salah satunya adalah almarhumah Ibu Th. Widya Soeryaningsih yang telah berhasil mendirikan sekolah dan universitas terbesar di Indonesia, Bina Nusantara (Binus). Begitu pula Bapak Edi Nursasongko yang telah berhasil mendirikan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) di Semarang yaitu universitas komputer terbesar di Jawa Tengah yang mahasiswanya mencapai lebih dari lima belas ribu mahasiswa.

Sayangnya sekarang ini LPKIA hanya ada di Bandung yang didirikan oleh Bapak Paulus Tamzil, adik Mang Ucup dan istrinya Lita yang juga menjabat sebagai District Governor Lion Clubs Indonesia. LPKIA Bandung telah menjadi universitas komputer yang menyalurkan tenaga kerja Teknologi Informasi (TI) terbanyak di Indonesia. Sedangkan LPKIA-LPKIA di kota-kota lain sudah ditutup sejak Mang Ucup pulang ke Jerman. Maklum roh atau jiwa LPKIA adalah Mang Ucup sendiri sehingga tidak bisa berjalan dengan baik setelah ditinggalkan oleh Mang Ucup.

Mungkin banyak benar juga pepatah “Siapa menepuk dulang, maka akan terpercik muka sendiri”. Mang Ucup telah KEBABLASAN sehingga terperosok oleh Jabakan BATMAN yang dipasang sendiri. Kenapa?

Mang Ucup berani mengawali menulis tentang kisah hidup Mang Ucup. Kalau berani mengawali berarti harus berani pula mengakhirinya.

Pamer tentang sisi kehebatan seseorang sangat mudah sekali, tetapi bagaimana dengan sisi GELAP/ HITAM-nya? Apakah mang Ucup memiliki kemauan maupun KEBERANIAN juga untuk mengungkapkan AIB, sisi BURUK maupun BOROK-BOROK nya Mang Ucup di masa lampau? Apakah mang Ucup memiliki NYALI untuk menulis ini semua tanpa tedeng alin-aling? That’s the Question!

Jawanbannya adalah : YES ! Seperti juga IM & YANG, kalau ada sisi PUTIH ini baru komplit, kalau ada sisi HITAM nya juga.

Oleh sebab itulah dalam artikel berikutnya Mang Ucup akan menulis. Kasus apa yang membuat Mang Ucup menjadi TERPIDANA? Bahkan saya juga tidak akan sungkan untuk menceritakan pengalaman saya ketika berada di BUI. Bacalah serial mabok nya Mang Ucup. Mengenai bagaimana DITANGKAPNYA Mang Ucup dan juga bagaimana pengalaman HIDUP DI BUI Mang Ucup.

Jadi besok lanjut dengan Story THE MAN IN BLACK !

Semua artikel Mang Ucup ini dengan senang hati boleh di FWD ataupun di SHARE, maklum mang Ucup itu tipe manusia yang BERANI MALU ! Jadi Don’t Wori be Hepi lah! Bahkan kalau ada yang tertarik untuk menerbitkannya jadi buku juga WELCOME !

Mengingat mungkin banyak rekan-rekan FB berlibur akhir pekan, jadi sambungannya akan dilanjuti pada hari Senin saja. Agar tidak mengganggu waktu liburan anda.

Terlampir ketika JR jadi bintang iklan Nescafe. Mirip George Clooney yang juga jadi bintang iklan Nespresso

Baca sambungannya
Mang Ucup